Suplemen untuk Mengatasi Bau Badan yang Tidak Sedap

Daftar Isi
Bau badan bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan sungguh-sungguh. Bau badan kerap kali membuat orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman. Terkadang pemilik bau badan itu sendiri malah tidak menyadari jika badannya berbau tidak sedap. Justru orang yang ada di dekatnya lah yang hidungnya sangat peka dengan masalah bau badan orang lain.

Harus kita akui, memiliki bau badan yang tidak sedap itu sungguh memalukan. Apakah anda juga memiliki masalah dengan bau badan ? Banyak orang mengatakan, bau itu nomor satu. Percuma saja memiliki wajah yang cantik atau tampan jika bau badannya tidak sedap. Cantik-cantik bau atau tampan tapi bau maka tidak ada artinya kecantikan dan ketampanannya itu. Sebisa mungkin sudah cantik atau tampan wangi lagi. Karenanya, bau badan tidak bisa dianggap remeh. 

Faktor Penyebab Bau Badan


Kita harus mengetahui faktor penyebab timbulnya bau badan agar dapat dilakukan pencegahan yang lebih efektif. Bau yang kita kenal sebagai bau badan disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah keringat yang berlebih dan bercampur bakteri. Bau badan menyebabkan orang yang berada di sekitarnya merasa tidak nyaman. Kita bisa melihat reaksi orang yang dekat dengan si pemilik bau badan yang tidak sedap. Spontan orang akan menutup hidung begitu mencium bau badan yang menyengat. Ada juga yang sampai menjauh karena tidak tahan dan ingin muntah.

Suplemen untuk Mengatasi Bau Badan

Bau badan juga bisa membuat orang frustasi jika yang bersangkutan menyadarinya. Sehingga berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bau badan yang sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan dan memalukan. Namun demikian, tidak sedikit pula orang yang cuek dengan bau badannya. Mereka tidak peduli dan menganggap badannya tidak berbau

Suplemen untuk Bau Badan

Sebenarnya bau badan bisa diatasi dengan penggunaan deodorant, sabun atau alat kebersihan lain namun terkadang tidak efektif. Menurut pakar kesehatan, bau badan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya usia, jenis kelamin, tingkat hormon, diet, penyakit diabetes, keringat berlebihan dan masalah kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menyingkirkan penyebab yang memicu bau badan, anda juga dapat mengkonsumsi vitamin dan mineral  tertentu yang dapat mengurangi fenomena tidak menyenangkan ini. Ada beberapa suplemen yang mampu mengatasi masalah bau badan. Dan berikut ini suplemen berupa vitamin dan mineral yang bisa membantu mengatasi masalah bau badan yang tidak sedap diantaranya yaitu :

Vitamin B

Vitamin dikenal untuk membantu aktivitas metabolism tubuh. Vitamin B terdapat pada berbagai jenis sayuran berwarna hijau. Vitamin B kompleks berguna dalam pengolahan dan pembilasan limbah bakteri yang dapat menyebabkan bau badan. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi antara 50 dan 150mg vitamin B setiap hari dapat membantu mengurangi sekresi tubuh. Sudah banyak yang membuktikan manfaat yang didapat dari 100mg vitamin B6 dan asam para-aminobenzoic antioksidan bagi tubuh.

Vitamin C

Vitamin C biasanya terdapat pada buah-buahan seperti jeruk. Untuk masalah yang melibatkan bau mulut, vitamin C diperlukan. Vitamin ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi, vitamin C dapat membantu dalam meminimalkan bau yang berasal dari mulut. Vitamin C bukan obat medis namun sebagai suplemen untuk kesehatan gigi, dan gusi serta untuk mencegah penyakit sariawan.

Zink (seng)


Zinc merupakan mineral penting bagi tubuh. Zinc juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat mengurangi keringat dan bau kaki. Meskipun dosis 30 sampai 50 mg telah menunjukkan hasil yang baik, anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil lebih dari 15mg. Walaupun zink sangat bermanfaat bagi tubuh, namun penggunaannya harus dibatasi karena penggunaan yang terlalu banyak memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Beberapa study menunjukkan bahwa zink bermanfaat dalam memerangi bau badan, dalam hal ini diperlukan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang lebih baik.

Magnesium

Meskipun belum terbukti secara ilmiah untuk menghilangkan bau badan, magnesium merupakan mineral yang penting bagi tubuh. Fungsi dan peranannya dalam metabolisme juga dapat membantu dalam penggelontoran racun penyebab bau. Menurut pakar kesehatan, dosis yang dianjurkan antara 200 dan 500mg magnesium.

Cuka Sari Apel

Cuka adalah sejenis bahan makanan yang rasanya masam. Sedangkan cuka sari apel adalah salah satu ramuan yang di gunakan untuk membantu mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit. Cuka sari apel dapat membantu menurunkan pH kulit, sehingga mengurangi bau ketiak.

Itulah vitamin dan mineral atau suplemen untuk mengatasi bau badan. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah selalu menjaga kebersihan badan dengan cara mandi secara teratur dua atau tiga kali sehari menggunakan sabun anti bakteri. Usahakan memakai lulur sebelum mandi untuk merontokkan daki, karena daki yang menempel jika dibiarkan juga bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Selain itu, penggunaan pakaian juga perlu diperhatikan. Hindari memakai baju yang sama lebih dari dua hari. Ada juga yang perlu dilakukan yaitu mencukur bulu terutama bulu ketiak. Bulu ketiak yang lebat menjadi sarang bakteri dan dapat memunculkan aroma yang tidak sedap.

Dan yang tidak kalah penting, perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu bau badan seperti daging merah dan minuman beralkohol serta kopi. Sebagai gantinya, mungkin minuman jamu dari bahan seperti kunyit dan daun beluntas akan lebih baik untuk mengatasi masalah bau badan.

Posting Komentar