Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Masker Bidara

Daftar Isi
Jerawat sering kali menjadi masalah yang serius khususnya bagi kaum remaja. Banyaknya jerawat sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat sering muncul di wajah pastilah akan menjadi masalah dan ini tidak bisa dibiarkan. Wajah bersih dan mulus adalah dambaan setiap orang. Meskipun wajah yang bersih tanpa jerawat bagaikan langit tak berbintang. Namun kalau sudah terlanjur banyak jerawat justru akan membuat wajah jadi jelek dan tidak sedap dipandang mata.

Cara Mengatasi Jerawat dengan Masker Bidara

Berbicara tentang jerawat, sebenarnya jerawat itu sendiri banyak jenisnya. Ada beberapa faktor penyebab munculnya jerawat namun disini saya tidak akan membahasnya. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak adalah yang paling rentan terhadap munculnya jerawat. Masalah jerawat ini seringkali merusak kulit. Sebenarnya ada cara ampuh mengatasi jerawat yaitu dengan masker bidara. Dengan menggunakan masker daun bidara, InsyaAllah wajah anda menjadi lebih segar, kinclong dan minyak di wajah bisa diatasi.

Jadi mulai saat ini, bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat, jangan terlalu dirisaukan lagi. Ada daun bidara yang terbukti ampuh sebagai masker yang mampu menghilangkan jerawat secara efektif. Mungkin ada yang belum tahu, tumbuhan bidara itu seperti apa sih. Baiklah, mari kita berkenalan dulu dengan tumbuhan ajaib ini.

Mengenal Pohon Bidara


Pohon Bidara atau Widara (Ziziphus mauritiana) istilah dalam bahasa Arabnya dikenal dengan pohon as sidr, merupakan pohon yang tidak begitu tinggi atau perdu.  Tingginya kurang lebih 5-15 meter. Bidara tumbuh tegak atau melebar dengan cabang-cabang yang menjuntai dan letak ranting yang tidak beraturan. Pohonnya selalu hijau meskipun terkadang agak meranggas dan memiliki daun penumpu berupa duri pada daun-daunnya. Batangnya berkayu dengan diameter sekitar 20-50 cm.

Bidara memiliki daun tunggal dan bertangkai yang tumbuh  berselang-seling. Bentuk daunnya bulat telur hingga oval dengan panjang 2-9 cm dan lebar 1,5-5 cm. Bentuk tulang daun membujur dan tepi daun rata atau sedikit bergerigi. Daun bidara berwarna hijau mengkilat di bagian atas dan agak keputihan atau cokelat karat pada bagian bawah.

Gambar Pohon Bidara


Bidara juga memiliki bunga yang muncul di ketiak daun. Warna bunganya kekuningan dan beraroma agak harum. Buah bidara berbentuk bulat sekilas mirip buah keres, berkulit halus kadang kasar, mengkilap, tipis namun liat. Warna kulit buah kekuningan, kemerahan hingga kehitaman jika masak. Sedangkan daging buahnya berwarna putih, dengan banyak sari buah yang berasa agak masam hingga manis.

Manfaat dan Khasiat Daun Bidara


Sejak zaman dahulu, daun bidara sudah sering digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan Nabi Muhammad SAW juga pernah menggunakannya karena manfaat daun bidara ini telah disebutkan dalam Al Qur’an sebagai metode pengobatan. Hal ini karena daun bidara mengandung senyawa antibakterial sehingga sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit.

Di negara kita ini, manfaat tumbuhan bidara yang paling terkenal adalah daunnya yaitu berkhasiat sebagai pengusir gangguan jin dan pengaruh ilmu sihir sehingga daun bidara kerap digunakan sebagai media ruqyah. Untuk media ruqyah, biasanya daun bidara ditumbuk halus dan dilarutkan dalam air dengan disertai bacaan ayat-ayat Al Qur’an. Larutan daun bidara ini biasanya digunakan untuk mandi dan diminum.

Selain itu, daun bidara juga bisa diracik menjadi jamu herbal dengan cara ditumbuk dan dilarutkan dengan air dan dijadikan obat luar untuk mengobati gangguan pada kulit seperti jerawat dan jamur. Bidara juga sering digunakan untuk memandikan jenazah, memandikan orang demam, hingga untuk keramas. Daun yang masih muda dapat dijadikan sayur sedangkan daun yang sudah tua bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Tumbuhan bidara memiliki buah yang mengandung karoten, fosfor, kalsium, vitamin A dan C, lemak, karbohidrat, serta protein. Buah bidara dapat dimakan langsung, untuk rujak atau manisan, bahkan bisa diolah menjadi minuman segar. Buah bidara dapat pula digunakan sebagai pewarna alami. Di India, bidara dibudidayakan untuk dipanen buahnya dan diperjualbelikan. Selain daun dan buahnya, kulit kayu pohon bidara juga dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pernafasan, sakit perut, dan batuk. Akar bidara juga mampu melancarkan buang air seni. Kayunya bisa dimanfaatkan sebagai barang kerajinan, perabotan rumah tangga.

Meskipun khasiatnya luar biasa, tumbuhan bidara ini tidak termasuk tanaman langka dan tidak termasuk salah satu tumbuhan yang dilindungi di Indonesia. Bahkan tumbuhan bidara ini tampaknya belum menarik bagi masyarakat Indonesia untuk dibudidayakan. Sehingga tanaman ini dibiarkan tumbuh liar.

Daun Bidara Obat Jerawat


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengobati jerawat dengan daun bidara bisa anda coba. Disini saya akan berbagi resepnya. Khasiat daun bidara selain sebagai sarana untuk mengobati penyakit non medis, khasiat lain yang bisa anda manfaatkan adalah bisa dijadikan masker untuk membersihkan kulit dari kotoran dan menjaga kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh jerawat.

Nah, bagaimana cara mengolah daun bidara untuk dijadikan obat herbal yang ampuh mengusir jerawat. Berikut ini langkah-langkah membuat masker bidara.

Cara membuat dan menggunakan masker bidara 

-Ambil beberapa lembar daun bidara (as sidr ) lalu tumbuk halus dan masukkan kedalam cangkir atau mangkuk.

-Tambahkan sedikit air sehingga campuran agak sedikit kental dan kemudian oleskan pada kulit wajah sebagai masker.

-Biarkan beberapa saat hingga mengering seluruhnya. Setelah mengering, cuci dengan air bersih tanpa menggunakan sabun. Silahkan lihat hasilnya. Anda akan langsung melihat perbedaan dalam kehalusan kulit.

Sebelum mengaplikasikan masker bidara, alangkah baiknya dibacakan doa khusus agar khasiat masker bidara lebih terasa . Dengan izin Allah, wajah anda menjadi lebih segar, bersih, sehat, dan memancarkan aura positif. Semoga ulasan tentang Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Masker Bidara bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar