Penyebab Panu dan Cara Mencegahnya

Penyebab panu dan cara mencegahnya memang harus anda ketahui lebih dini. Hal itu tidak lain karena penyakit panu ini ternyata dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Penyakit panu ini sebenarnya merupakan sebuah penyakit kulit yang timbul akibat dari infeksi jamur. Para penderitanya biasanya akan mendapati area kulit yang bercak-bercak kecil dimana memiliki warna yang lebih terang dibandingkan kulit asli.

Inilah Penyebab Panu dan Cara Mencegahnya

Penyebab Penyakit Panu dan Cara Mencegahnya 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penyakit panu ini memang tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya tetapi kehadirannya dapat memicu penurunan tingkat kepercayaan diri seseorang. Setiap orang memang memiliki risiko terkena penyakit panu ini. Hal itu tidak lain karena adanya jamur yang menyebabkan penyakit panu ini memang telah hidup pada kulit anda. Berikut ini beberapa penyebab panu dan cara mencegahnya yang perlu anda ketahui.

1. Kondisi kulit yang berminyak 

Seseorang yang memiliki kondisi kulit yang berminyak memang lebih rentan terkena panu, dibandingkan mereka yang memiliki kondisi kulit normal. Panu yang timbul akibat minyak yang berlebih ini biasanya diderita para remaja yang memiliki aktivitas cukup padat. Aktivitas tersebutlah yang memicu produksi keringat yang lebih banyak.

2. Sistem kekebalan tubuh yang lemah 

Penyebab lainnya yang memicu timbulnya penyakit panu ini adalah seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah tersebut biasanya akan mendapati jamur yang menempel pada kulit tubuh, serta mengalami pertumbuhan yang cukup cepat.

3. Akibat cuaca 

Cuaca yang tidak menentu seperti panas dan lembab memang menjadi situasi yang baik untuk jamur selama masa perkembangan. Sehingga dapat memicu timbulnya penyakit panu ini. Tidak heran, apabila orang-orang yang tinggal di kawasan tropis memang lebih rentan terkena penyakit panu ini. Biasanya penyakit ini juga diakibatkan oleh penggunaan air untuk mandi yang tercemar.

4. Perubahan Hormon 

Perubahan hormon di dalam tubuh ternyata juga dapat memicu timbulnya penyakit panu ini. Penyebab yang satu ini memang jarang dialami oleh masyarakat yang mengidap panu. Kendati demikian beberapa kasus, menunjukkan apabila salah satu penyebab dari panu adalah adanya perubahan hormon dalam tubuh. Adapun beberapa ciri yang harus anda ketahui tentang penyakit panu ini diantaranya adalah adanya bercak putih yang memiliki warna berbeda dengan warna kulit anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit panu. Tidak bisa dipungkiri, jika anda memang harus mengetahui penyebab panu dan cara mencegahnya. Pencegahan pada penyakit panu ini bisa dilakukan dengan menghindari produk perawatan kulit yang memiliki kandungan minyak berlebih, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dengan tabir surya, menggunakan lampu tidur ketika tidur, hindari kegiatan yang menyebabkan produksi keringat meningkat hingga menggunakan pakaian yang longgar.

Itulah informasi tentang penyebab panu dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat.
Batas Pemasangan Kode Sampai Di Sini

0 comments:

Posting Komentar

Pesan komentar di sini